Be a Fashionable Smart Investor

Postingan kali ini basically ringkasan singkat tentang sharing mengenai Finance and Fashion di acara ARISAN 2 (Ajang Rumpi Investasi dan Keuangan) yang diadakan 2 bulan sekali oleh kantor gw.

My beloved Z-Team (The Younger Ones only LOL)

Hasil ngobrol dengan dua fashion bloggers keren, Diana Rikasari dan Thatal Jundiah nunjukin kalau yang namanya fashion itu yang penting adalah menjadi diri sendiri dan kita nyaman dengan apa yang kita gunakan. Ikut trend boleh aja tapi tetep aja harus disesuaikan dengan kenyamanan dan personality kita PLUSSSSS tentunya budget di kantong donk.

Thatal yang umurnya masih 22 tahun, mulai jadi fashion bloggers dari jaman kuliah. Dulu sempat keikut arus hijabbers yang lagi trend, dimana barang – barang fashion para hijabbers itu ngga murah (ya soalnya beli di butik designer sik ya) . Thatal langsung sadar kalau dengan gaya hidup ngikutin trend seperti itu bakal ngga sesuai dengan kantong mahasiswi, so do’i memutuskan untuk shopping yang sesuai dengan budget. Ternyata tetep bisa kece, fashionable dan ga ketinggalan trend tuh. Tinggal kita pinter – pinternya aja mix and match outift. It doesnt have to be all branded girls!

The 3 Speakers and Mc

Kalau Diana Rikasari, ibu satu anak ini (yang sama sekali ngga keliatan kaya sudah punya anak) sering dianggap aneh sama orang karena gaya fashionnya yang beda dan unik. Do’i ngga peduli tuh dengan kata orang, selama do’i merasa nyaman ya dipake aja. Salut sih gw sama kepedean do’i *bow down*

Dari segi finance, Diana bilang do’i ngebudgetin cuma 20% dari penghasilan yang digunakan untuk shopping. Which is pretty good loh, apalagi fashion adalah salah satu sumber pendapatan do’i. Dan yang gw tau, Diana rajin banget garage sale, jadi barang yang sudah tidak dipakai lagi ya dijual kembali. Sounds good? bangeeet!

Ada lagi yang gw suka dari Diana, do’i ngga suka UTANG! DENGERIN TUH!! Emang doyannya belanja, tapi belanjanya do’i bisa dijadiin duit lagi daan do’i ngga pernah ngutang (gesek kartu kredit sana sini ngga dibayar) buat menuhin kesukaan doi akan dunia fashion.

Dua fashion bloggers yang talented ini, bisa mendapatkan penghasilan dari hobinya yaitu nulis blog dan fashion. Simple,hobbi yang dijadiin sebagai penghasilan tambahan. (Coba deh mikir hobi km apa, trus bisa ngga kira2 menghasilkan pendapatan dari hobi km, enak loh klo hobi yang kita sukai bisa ngasilin duit dan bukan cuma bikin dompet nangis)

Kadang – kadang kita suka keikut arus, ngeliat para seleb atau public figure pake baju apa terus ikutan, padahal belum tentu sesuai dengan personality kita dan juga budget.

Baju apapun akan terlihat menarik ketika yang makainya pede. Diana juga bilang ada kan orang yang sok ikutin trend tapi akhirnya doi ngga pede dengan apa yang dikenakannya, malah jadi kurang bagus keliatannya.

Nyokap gw selalu bilang, pake baju mah ngga usah mahal tapi pinter – pinter milih motif dan tetap ngikutin fashion trend terkini + kita pede makenya, toh orang juga ga akan tau berapa harga outfit yang kita beli.

Dengan tidak terlalu memaksakan harus punya barang branded, wah dan ngikutin trend mahal yang ga sesuai kantong, kita bisa banget sisihin dana untuk investasi bulanan.

Hidup kita toh ngga cuma buat beli baju doank kannn?lo ngga mau punya rumah atas nama lo sendiri? lo ngga mau punya dana untuk travel keliling dunia? lo ngga mau punya aset yang bisa ngasilin passive income tanpa harus bekerja?

Pengen kannn??makanya sebelum belanja yang harganya ga masuk diakal, selalu ingat akan tujuan keuangan kamu kedepannya apa.

Always remember your goals, it helps you to control your overspending habit and make sure that goals you make are realistic and you want the most!

Bawa foto goals itu di dompet atau di tempel di papan di kamar, di fridge, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.